Thomas Alva Edison - Penemu Lampu

Thomas Alva Edison - Penemu Lampu. Thomas Alva Edison merupakan salah satu ilmuwan paling terkenal dan juga tercatat sebagai penemu lampu pijar. Edison lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Pada masa kecilnya di Amerika Serikat, Edison selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya. Oleh karena itu ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah. Di rumah dengan leluasa Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York, Edison diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York.


Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 Edison pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana Edison membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 Edison menemukan Gramofon. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian Edison juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Pada tahun 1879 Edison berhasil menciptakan lampu pijar, yang menjadiakan namanya dikenang sepanjang sejarah.

Thomas Alva Edison bukan orang pertama yang menciptakan sistem penerangan listrik. Beberapa tahun sebelumnya lampu bersinarkan arus listrik telah digunakan buat penerangan lampu di paris. Tetapi, bola pijar Edison berikut bersama pembagian listrik yang dikembangkannya memungkinkan adanya penerangan listrik yang praktis untuk dirumah. Pada tahun 1822 perusahaannya sudah berhasil memproduksi listrik untuk rumah-rumah di New York, dan dalam tempo singkat sudah tersebar keseluruh dunia.  Dalam salah satu biografinya disebutkan bahwa Edison berhasil menemukan lampu pijar setelah mengalami kegagalan 999 kali, artinya baru penelitian yang ke 1000 kali Edison menemukan lampu listrik. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.


Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Edison juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.

Edison meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern.

Demikianlah artikel singkat ini mengenai Thomas Alva Edison - Penemu Lampu. Semoga bermanfaat. Terima Kasih
Share this article :
Share on FB Tweet Share on G+

Ditulis Oleh : Fasst Furiouss

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Thomas Alva Edison - Penemu Lampu yang ditulis oleh 70 Penemu yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa mencantumkan link asli tulisan saya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di 70 Penemu

Written by: 70 Penemu Updated at : 14:00

1 komentar:

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.

Back to top