TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

February 14, 2015

Bill Gates - Pendiri Microsoft Corp.


Bill Gates - Pendiri Microsoft Corp. Para pengguna Windows mesti berterima kasih kepada Bill Gates. Karena Bill Gates telah berjasa menjadikan komputer sebagai perangkat "wajib" manusia modern, menjadi semakin menarik, interaktif, dan mudah. Melalui program-program yang dibuat Microsoft Corporation, ia mengontrol nyaris semua personal komputer di dunia.


Nama lengkapnya William H. Gates III. Bill Gates lahir di Seattle AS pada 28 Oktober 1955. Ia besar di kota tersebut bersama orang tua dan kedua saudara perempuannya. Ayahnya. William Gates II adalah seorang pengacara. Sementara ibunya seorang dosen di Universitas Washington Regent. 

Sejak kecil, Gates sangat tertarik dengan dunia komputer. Setelah dewasa, Gates mulai menekuni dunia pemrograman dengan berkuliah di Universitas Harvard pada tahun 1973. Pada saat kuliah, Gates mengembangkan bahasa pemrograman BASIC untuk mikro komputer pertama, MITS Altair. Namun pada tahun pertama kuliah, Gates memutuskan untuk berhenti kuliah dan beralih ke dunia bisnis software dengan mendirikan Microsoft.

Gates mendirikan Microsoft pada tahun 1975 bersama sahabat kecilnya bernama Paul Allen. Waktu itu mereka sangat yakin bahwa teknologi komputer akan berkembang pesat. Bahkan nantinya mereka memprediksikan teknologi komputer akan banyak ditemui di perkantoran hingga perumahan. Prediksi itu terbukti, kegunaan komputer kini merajalela di seluruh dunia, disegala bidang kehidupan masyarakat.

Bill Gates dan Paul Allen

Produk pertama Microsoft adalah sebuah versi dari bahasa pemrograman BASIC dan Altar 8800 yang disebut-sebut sebagai komputer pribadi pertama di dunia. BASIC adalah ide orang lain, ditemukan oleh John Kemeny dan Thomas Kurz pada 1964. Begitu pula dengan Altair 8800. Gates hanya menggabungkan ide kedua orang ini dan menghasilkan sebuah lompatan besar.

Pada 1980, IBM telah memutuskan untuk membuat Personal Computer (PC) dan membutuhkan sistem operasi PC. IBM yang mempekerjakan ribuan pembuat perangkat lunak itu justru menyewa Microsoft untuk membuat sistem operasi ini. Microsoft membeli Q-DOS dari Seattle Computer Products, dan menyempurnakan untuk PC IBM. PC itu mulai masuk pasaran pada Agustus 1981. DOS rakitan Microsoft merupakan salah satu dari tiga DOS resmi PC, tetapi saja Microsoft bisa mengalahkan kedua DOS yang lain.

Pada Januari 1984, Apple Computer mengeluarkan Macintosh, sejenis komputer canggih yang segera menggeser posisi DOS. Gates tidak tinggal diam. Pada Mei 1990, Microsoft akhirnya bisa menyempurnakan versi Windows Apple ini dan menyebutnya Microsoft Windows 3.0

Pada awal 1990-an, surat elektronik dan internet menjadi fenomena baru. World Wide Web (WWW) muncul pada tahun 1994, dan Netscape berdiri pada tahun yang sama. Sun Microsystem membangun Java, bahasa pemrograman internet. Gates agak tertinggal. Hingga pada tahun 1996, Microsoft akhirnya membuat gebrakan "terjun ke dunia internet dengan sepenuh hati". Hasilnya kini Microsoft telah menjadi penyedia web browser terkuat di dunia.

Semua capaian itu membuat Bill Gates disebut-sebut sebagai orang nomor satu dalam dunia industri komputer. Bahkan menurut catatan Majalah Forbes (2002), Bill Gates dan rekannya Paul Allens merupakan orang terkaya di dunia. Hal itu tidak aneh karena produk-produk software keluaran Microsoft sangat digemari oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Bill Gates sendiri selama memimpin Microsoft, memiliki visi untuk mengimprovisasi komputer supaya lebih bernilai, mudah, dan nyaman digunakan oleh semua orang.