TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 21, 2016

Raja Hiburan Dunia - Walt Disney



Mickey dan Minnie Mouse, Donald Bebek, serta Gufi, siapa yang tidak mengenalnya? Anda juga pasti mengenal tokoh-tokoh dalam film tersebut kan? Ya, aksi kocak mereka telah menghibur jutaan orang di seluruh dunia. Namun tahukah anda siapa orang yang telah menciptakan tokoh-tokoh kartun di belantara hiburan dunia itu? Dia adalah Walt Disney.

Disney lahir di Chicago, Illionis, Amerika Serikat pada tahun 1901. Masa kecil Disney tidak seceria kisah-kisah kartun yang diciptakannya. Ayahnya, Elias suka ganti-ganti pekerjaan dan pelit kasih sayang. Karenanya pada usia 16 tahun, Disney pergi dari rumah dan bergabung dengan Korps Ambulan Palang Merah pada Perang Dunia I. Disney lalu menjadi artis komersial di Kansas City. Disinilah ia mulai mengenal dunia animasi, sebuah dunia yang benar-benar membetot minat dan ambisinya.

Sejak memutuskan pergi dari rumahnya, Disney harus menjalani masa-masa sulit penuh derita. Misalnya ia sering makan makanan kaleng yang dingin. Penderitaan itu masih terus berlanjut hingga ia pindah ke Los Angeles dan mulai merintis usaha.

Anatara tahun 1926 dan 1928, Disney memproduksi serial kartun Oswald The Rabbit untuk Universal Pictures. Kemudian ia membuat Steamboat Willie pada tahun 1928 yang diproduksi sendiri oleh Studio Disney. Film ini merupakan film kartun pertama yang menampilkan suara yang telah disinkronisasi. Pada tahun 1928 pula, tokoh Disney yang paling populer, Mickey Mouse mulai diperkenalkan dalam film kartun Plane Crazy. Tokoh Mickey Mouse mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat.

Tahun 1930-an adalah tahun terbaik kualitas artistik Disney. Dia merangkul Technicolor untuk membuat film berwarna. Film berwarna pertama Disney muncul dalam Flowers and Trees (1932). Ketika Disney membuat film panjang pertamanya, Snow White and Seven Dwarfs, ia dinilai menempuh resiko terlalu besar oleh banyak kalangan. Namun segala resiko itu lenyap sama sekali ketika film itu dikerjakan.

Antara tahun 1950-1960, Walt Disney Production, Ltd. menjadi salah satu produser terpenting film untuk teater dan televisi. Perusahaan Disney pun meluas ke bidang penerbitan buku anak-anak dan sindikasi komik strip yang sebagian besar menampilkan karakter-karakter seperti Donald Bebek dan si anjing Pluto.

Disney juga membangun Disneyland, sebuah taman permainan raksasa di Anaheim, California AS yang dibuka pada tahun 1955. Sukses Disneyland diikuti dengan pembukaan Disney World di dekat Orlando, Florida, AS pada tahun 1971.

Perusahaan multimedia Disney kini merajai dunia hiburan modern dengan produk-produknya yang beragam dan sukses dimana-mana, mulai dari film kartun dan layar lebar hingga boneka dan pernak pernik. Penjualan produk Disney per tahun bisa mencapai 22 miliar dollar AS. Maklum, dengan hanya melihat merk Disney, orang-orang langsung percaya bahwa produk-produk itu pasti menghibur. Logo Disney seakan-akan menjadi jaminan kegembiraan dan kesenangan.

Walt Disney meninggal dunia di Los Angeles California, AS pada tahun 1966 pada usia 65 tahun akibat serangan kanker.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.