TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 25, 2016

Penemu Kulkas - Jacob Perkins


Minum es di hari yang panas saat rasa haus seolah mencekik leher tentu begitu nikmat dan segar. Apalagi sekarang membuat es sangat mudah. Tinggal memasukkan sekantung plastik air putih ke dalam kulkas atau lemari es, kita akan segera mendapatkan es yang kita inginkan.

Kulkas memang befungsi untuk membuat es. Namun lebih dari itu, kulkas juga bisa berfungsi untuk menyimpan buah-buahan dan sayuran bahkan daging hingga tetap segar dan bertahan selama berhari-hari. Tahukan anda siapa yang berjasa menemukan kulkas?
Penemu Kulkas - Jacob Perkins
Jacob Perkins
Orang yang disebut-sebut berjasa mesin kulkas ini bernama Jacob Perkins, dia boleh dibilang perintis awal penemuan mesin yang dapat membekukan air.

Jacob Perkins lahir di Massachusetts, Amerika Serikat pada 9 Juli 1766. Sebelum dikenal sebagai ilmuwan dan ahli mesin, Perkins hanya dikenal sebagai seorang pandai emas. Perkins memulai karirnya sebagai ilmuwan dan ahli mesin pada usi 21 tahun. Saat bekerja pada ahli mesin, Perkins memanfaatkannya untuk menimba ilmu tentang teknik mesin. Pengalamannya itu menjadi bekal berharga hingga dia bisa menjadi ahli teknik mesin yang diperhitungkan.

Jacob Perkins memperkenalkan mesin kulkas temuannya pada tahun 1834. Penemuannya itu merupakan tindak lanjut dari berbagai hasil penelitian yang telah ada sebelumnya. Sebelum Perkins menemukan mesin kulkas, memang telah ada beberapa penelitian mengenai cara membekukan air. Hanya saja baru pada tahap konsep, belum ada realisasinya.

Kulkas ciptaan Perkins sendiri belum menggunakan freon seperti yang lazim digunakan sekarang. Ia memanfaatkan eter dan siklus tekanan uap air untuk membekukan air.

Beberapa tahun sejak ditemukannya kulkas oleh Perkins, beberapa ilmuwan dari berbagai negara berlomba-lomba untuk mengadaptasi dan mengembangkannya. John Gorrie, seorang ilmuwan yang juga seorang dokter asal Amerika, mengadaptasi kulkas ciptaan Perkins. Gorrie menggunakannya untuk mendinginkan air yang digunakan untuk mengompres pasiennya.

Di Jerman, seorang insinyur bernama Karl Von Linden juga mengadaptasi teknologi kulkas buatan Perkins. Tecatat juga nama Raoul Picxcet dari Swiss yang juga membuat mesin pendingin yang mirip dengan kulkas buatan Perkins. Hanya saja Raoul tidak menggunakan eter sebagaimana Perkins, tetapi menggunakan sulfur dioksida sebagai pendinginnya.

Selain menemukan kulkas, Perkins juga dikenal sebagai penemu berbagai mesin, diantaranya mesin pemanas air dan pencetak uang logam.

2 comments:

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.