TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 13, 2016

Penemu Efek Compton - Arthur Holly Compton


Arthur Holly Compton adalah fisikawan berkebangsaan Amerika yang menerima Nobel Fisika pada tahun 1927. Putra Elias Compton, Professor Filosofi dan Dekan College of Wooster ini lahir di Wooster, Ohio, pada tanggal 10 September 1892.
Penemu Efek Compton - Arthur Holly Compton
Arthur Holly Compton
Compton mendapatkan Nobel atas penemuan dan penjelasannya mengenai perubahan panjang gelombang sinar-X ketika bertubrukan dengan elektron. Peristiwa yang ditemukan pada tahun 1922 ini disebut dengan Efek Compton. Efek Compton menjelaskan bahwa radiasi elektromagnetik bersifat sebagai gelombang dan partikel. Prinsip teori ini sama dengan prinsip teori kuantum. Efek Compton diakui sebagai salah satu penemuan yang menjadi dasar fisika modern.

Selain Efek Compton, Arthur Holly Compton juga melakukan penelitian terhadap sinar kosmik dan pemantulan, polarisasi, dan spektra sinar-X, yang memungkinkan penemuan jumlah elektron dalam atom secara akurat.

Arthur Holly Compton adalah sarjana lulusan College of Wooster (tahun 1913) dan pascasarjana Princeton University. Dia mendapat gelar M.A. pada tahun 1914 dan gelar Doktor pada tahun 1916. Dia kemudian menjadi instruktur fisika di Universitas Minnesota selama satu tahun, dan sampai tahun 1919 dia menjadi insinyur riset perusahaan lampu Westinghouse di Pittsburg. Ketika belajar di Universitas Cambridge, dia menjadi anggota Badan Riset Nasional. Arthur Holly Compton menjadi Professor Fisika Wayman Crow pada tahun 1920, dan sebagai Kepala Bagian Fisika di Universitas Washington, St. Louis. Tahun 1923 dia menjadi Professor Fisika di Universitas Chicago. Disini, Arthur Holly Compton melakukan eksperimen pertama tentang reaksi nuklir berantai. Dia juga berperan dalam pengembangan bom atom. Pada tahun 1945, Arthur Holly Compton kembali ke St. Louis sebagai tenaga ahli. Dari tahun 1954 sampai masa pensiunnya tahun 1961, dia mengabdikan dirinya di Universitas Washington sebagai Professor Tamu Filosofi Alam.

Sepanjang karirnya, Compton mendapat beberapa gelar kehormatan dan penghargaan. Pada tahun 1927, dia menerima medali emas dari Akademi Sains dan Seni Amerika, tahun 1928 menerima medali emas Perkumpulan Radiologi Amerika Utara, Medali Hughes dari Perkumpulan Kerajaan, dan Medali Franklin dia dapatkan pada tahun 1940 dari Institut Franklin.

Dalam kehidupan berumah tangga, Compton dikaruniai dua orang putra hasil pernikahannya dengan Betty Charity McCloskey. Anak pertamanya, Arthur Allen, bekerja di pelayanan luar negeri. Sementara anak bungsunya, John Joseph, adalah Professor Filsafat di Universitas Vanderbit.

Arthur Holly Compton meninggal dunia di Berkeley, California pada tanggal 15 Maret 1962.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.