TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 5, 2016

Penemu Google - Larry Page dan Sergey Brin


Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008) Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai.
Penemu Google - Larry Page dan Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Larry Page dan Sergey Brin bersama-sama menjalankan mesin pencari Google, yang mulai beroperasi pada tahun 1998. Google didasarkan pada teknologi PageRank yang telah dipatenkan yang mendasar pada struktur link-link antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs tertentu.

Larry Page lahir di Lansing, Michigan, pada 26 Maret 1973. Larry page dilahirkan oleh pasangan Carl Page dan Gloria. Larry Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Page memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan dan seorang lulusan Master dari Universitas Stanford. Dia juga adalah seorang Profesor Ph.D. di bidang komputer sains di Michigan State University.

Ketika menjadi seorang siswa di program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Page bertemu dengan Sergey Brin. Pada awalnya, mereka tidak merasa cocok. Hal ini dikarenakan karena tidak kecocokan mereka terhadap setiap topik yang dibicarakan. Namun pada akhirnya mereka berdua memiliki ketertarikan yang sama, yaitu mesin pencari atau biasa kita kenal dengan nama search engine. 

Sergey Brin yang bernama lengkap Sergey Mikaylovich Brin, lahir pada 21 Agustus 1973, adalah seorang ilmuwan komputer kelahiran Rusia-Amerika, juga seorang pengusaha internet, dan seorang dermawan. Brin lahir di Moskow, Uni Soviet. Kedua orang tuanya adalah Yahudi Rusia, Yevgenia dan Mikhail Brin. Keduanya adalah lulusan Moscow State University (MSU). Ayahnya adalah seorang profesor matematika di University of Maryland, dan ibunya adalah seorang peneliti di NASA Goddar Space Flight Center. Pada bulan Mei 1979, ketika Sergey Brin berusia lima tahun, keluarganya merasa terdorong untuk berimigrasi dari Uni Soviet.

Penawaran umum perdana Google dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana 1,67 miliar dolar, menjadikannya bernilai 23 miliar dolar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar 10,492 miliar dolar dan hanya 112 juta dolar pada pendapatan lisensi dan lainnya. Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.

Sebuah perhitungan tahun 2006 menyatakan bahwa terdapat 450.000 server, dikelompokkan dan diletakkan di pusat data di seluruh dunia.


Sumber: http://id.wikipedia.org/