TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 5, 2016

Pendiri Youtube - Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim


YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana anda dapat mendownload, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri yang dibagikan dengan menggunakan Channel Youtube. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang bisa anda mainkan di browser yang memiliki plugin Flash Player. 
Pendiri Youtube - Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim
Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim
Chad Hurley lahir pada 21 Juli 1977. Chad Hurley merupakan putra dari pasangan Don Hurley dan Joann Hurley. Chad Hurley tumbuh didekat Birdsboro, Pennsylvania. Dia memiliki seorang kakak, Heather, dan seorang adik, Brent. Sejak kecil, Chad Hurley sangat tertarik pada dunia seni, tetapi kemudian beralih ke komputer dan media elektronik sejak SMA.

Berbeda dengan Steve Chen. Dia dulunya merupakan salah satu karyawan pertama Facebook, walaupun keluar setelah beberapa bulan untuk merintis Youtube. Steven Shih "Steve" Chen lahir pada 18 Agustus 1978. Chen adalah seorang pengusaha internet Taiwan-Amerika. Chen menikah dengan Park Ji-hyun (Jamie Chen), manajer pemasaran produk Google Korea pada tahun 2009. Mereka tinggal di San Fransisco dan memiliki sorang putra yang lahir pada Juli 2010. Keluarga Chen adalah pendukung Asian Art Museum of San Fransisco dan Jamie (istrinya) ditunjuk sebagai anggota dewan kepercayaan pada bulan Juli 2012.

Lain halnya dengan Jawed Karim. Dia adalah seorang pengusaha internet Jerman-Amerika. Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur pada 28 Oktober 1979. Karim lalu menyeberangi Tembok Berlin, dan tumbuh di Neuss, Jerman Barat. Dia pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada tahun 1922, dua tahun setelah penyatuan kembali Jerman. Dia lulus dari Central High School di Minnesota dan kuliah di University of Illionis at Urbana-Champaign. Dia keluar sebelum lulus untuk menjadi salah satu karyawan PayPal, tetapi dia tetap melanjutkan studinya. Pada tahun 2004, Karim mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam ilmu komputer. Banyak komponen inti PayPal, termasuk sistem anti penipuannya, dirancang dan diimplementasikan oleh Jawed Karim.

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Hurley sempat bekerja di divisi Paypal di eBay bersama Steven Chen, dan Jawed Karim. Disana dia bekerja untuk merancang logo asli PayPal sebelum keluar dan mendirikan Youtube.

Saat bekerja di PayPal, Karim bertemu dengan Chad Hurley, dan Steve Chen. Ketiganya kemudian mendirikan Youtube pada tahun 2005. Video pertama yang diunggah oleh Jawed Karim pada tanggal 23 April 2005 adalah Me at The ZooSetelah mendirikan perusahaan dan mengembangkan konsep dan situs Youtube, Jawed Karim melanjutkan kuliah S2 Ilmu Komputer di Stanford University sekaligus menjadi penasehat di Youtube.

Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga 1,65 miliar dolar amerika. Jawed Karim mendapatkan 137.443 lembar saham dengan nilai 64 juta dolar sesuai harga penutupan perdagangan pada waktu itu. Nilai saham yang dipegangnya saat ini ditaksir mencapai 1 miliar dolar.

Sebelum peluncuran YouTube tahun 2005, terdapat beberapa metode sederhana yang dapat digunakan oleh pengguna komputer awam yang ingin mengunggah video secara daring. Dengan antarmuka yang sederhana, YouTube memungkinkan siapa saja dengan koneksi internet untuk mengunggah video dan penonton dari seluruh penjuru dunia dapat menikmatinya hanya dalam beberapa menit. Keanekaragaman topik yang ada di YouTube membuat berbagi video menjadi salah satu bagian yang penting dalam kultur berinternet.

Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.