TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 27, 2016

Bapak Ban Dunia - John Boyd Dunlop


Naik sepeda atau kendaraan tanpa ban rasanya sulit untuk dibayangkan bisa berjalan dengan baik dan nyaman. Ban memang termasuk salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Siapakah tokoh yang berjasa menemukan ban sehingga naik sepeda menjadi terasa nyaman? Orang yang disebut-sebut sebagai penemu ban adalah John Boyd Dunlop.
Bapak Ban Dunia - John Boyd Dunlop
John Boyd Dunlop
John Boyd Dunlop lahir di sebuah desa kecil bernama Dreghom, Ayrshire, Skotlandia pada 5 Februari 1840. Kedua orang tuanya adalah petani biasa. Saat masih kecil ia lebih tertarik pada bidang peternakan, terutama pada perawatan dan pengobatan hewan ternak. Karena itu oleh orang tuanya, dia dimasukkan di Sekolah Kedokteran Hewan di Edinburgh.

Dunlop lulus dari Sekolah Kedokteran Hewan pada usia 19 tahun. Dia lalu menetap di Belfast, Irlandia. Disana selama tiga tahun dia berusaha membangun reputasi profesional hingga akhirnya dia terkenal dan terpandang.

Terkait dengan ban, sebenarnya Dunlop bukanlah orang pertama yang menemukannya. Ban sudah terlebih dahulu ditemukan oleh Thomson, seorang insinyur asal Inggris. Akan tetapi ban temuan Thomson itu tidak membuat orang nyaman saat berkendaraan. Thomson menggunakan kulit binatang sebagai bahan dasarnya sehingga ban "mati" karena tanpa rongga udara. Dunlop berhasil membuat ban yang berisi udara sehingga lebih terasa nyaman.

Penemuan Dunlop itu sendiri terjadi tanpa disengaja. Saat itu Dunlop sedang menyaksikan anaknya, Jonnie, yang masih berusia sepuluh tahun mengendarai tricycle. Saat itu ban yang digunakan masih ban mati alias tanpa angin. Dunlop melihat anaknya agak kesulitan dan tidak nyaman dengan tricycle yang ditungganginya. Apalagi saat tricycle melewati jalan yang terjal. Dia pun langsung menduga penyebabnya karena bannya adalah ban "mati".
Bapak Ban Dunia - John Boyd Dunlop
Dunlop tengah asik bersepeda
Mulai saat itu Dunlop mulai tertarik dengan ban. Dia pun berusaha menemukan cara untuk memperbaiki ban "mati". Samapi akhirnya Dunlop mendapat jawabannya. Ban karet yang diisi angin menjadi solusinya. Tepatnya pada bulan Februari 1888, dia berhasil membuat ban "hidup" (berongga udara) berbahan dasar karet. Setelah itu dia mematenkan temuannya pada 7 Desember 1888. Namun dua tahun setelah itu, Dunlop menerima kabar bahwa ide itu telah dipatenkan Robert William Thomson di Prancis pada tahun 1846, dan di Amerika pada tahun 1847.

Namun Dunlop merupakan orang pertama yang memproduksi ban angin di dunia. Dia mulai mengembangkan pembuatan ban angin pada saat yang tepat, yakni pada saat produksi kendaraan transportasi tengah berkembang pesat. Produksi secara komersial telah dimulai pada tahun 1890 di Belfast.

Dunlop kemudian menjual patennya kepada William Harvey Du Cross, dan mendapat 1500 saham hasil dari perusahaannya. Dunlop tidak mendapat keuntungan dari hasil penemuannya yang sangat fenomenal itu, namun namanya tetap dikenang. Hingga kini Dunlop menjadi merk ban yang mendunia. Pabriknya tersebar hampir di berbagai negara. Dunlop pun dijuluki sebagai "Bapak Ban Dunia" karena ban buatannya itu disebut sebagai cikal bakal ban masa kini.

Dunlop mengembuskan nafas terakhir di Dublin pada tanggal 23 Oktober 1921. 

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.