TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 27, 2016

Tokoh Pelopor Pelestarian Lingkungan - John James Audubon


Hutan dan lingkungan hidup adalah kekayaan alam yang harus dilestarikan. Perusakan dan eksploitasi semena-mena terhadap keduanya akan membuat ketidakseimbangan alam. Banyaknya bencana seperti longsor dan banjir merupakan salah satu wujud nyata akibat perusakan hutan dan lingkungan hidup.
Tokoh Pelopor Pelestarian Lingkungan - John James Audubon
John James Audubon
Oleh karena itu, kampanye tentang pentinganya menjaga kelestarian lingkungan perlu terus digalakkan. Salah satu tokoh penting yang memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan adalah John James Audubon.

John James Audubon lahir di Haiti pada tahun 1795. Dia dikenal sebagai tokoh pelopor pelestarian lingkungan. Selain itu dia dikenal sebagai tokoh pencinta satwa, dan juga dikenal sebagai penjelajah hutan. Pada usia 18 tahun, Audubon mulai menetap di Prancis. Kemudian dia pindah ke Amerika untuk menghindari program wajib militer yang dicanangkan oleh Napoleon Bonaparte.

Ayah Audubon adalah seorang tuan perkebunan yang kaya, disamping juga seorang kapten armada kapal. Ketika kecil Audubon dikenalkan oleh ayahnya tentang dunia perkebunan. Karena itulah ketika Audubon menetap di Amerika, dia membeli tanah perkebunan di Norriston, Pennsylvania. Namun usaha perkebunannya itu mengalami kegagalan. Hal itu terjadi karena dia kurang memperhatikan perkembangan perkebunannya. Dia lebih suka memilih untuk menghabiskan waktunya menjelajah hutan ketimbang mengurusi usaha perkebunannya.

Audubon menikah dengan anak seorang tuan perkebunan. Setelah menikah, dia dan keluarga barunya pindah ke Kentucky dan mendirikan sebuah perusahaan. Namun perusahaannya itu pun berakhir dengan kegagalan, seperti dengan usaha perkebunannya. Lagi-lagi karena tidak begitu memperhatikan perusahaannya. Audubon sering meninggalkan perusahaan demi menjelajah hutan.

Audubon memang seorang penjelajah sejati. Itu dilakukannya karena kecintaannya yang besar terhadap dunia satwa dan lingkungan hidup. Audubon tidak sekedar menjelajah hutan, tapi dia juga mengamati, meneliti, mencatat, bahkan melukis kehidupan berbagai satwa di habitat aslinya yang masih alami.

Audubon pernah melakukan penjelajahan dengan mengarungi Sungai Ohio dan Sungai Missisipi selama beberapa bulan. Hasilnya, Audubon berhasil merekam berbagai jenis satwa dalam banyak lukisan yang memukau. Lukisan itu kemudian dipamerkannya di Liverpool dan Manchester. Setelah melihat hasil karya lukisan Audubon, sebuah penerbit di Edinburgh tertarik menerbitkan 10 dari 435 lukisan burung karyanya.
Lukisan Karya John James Audubon
Salah satu Lukisan Karya John James Audubon
Pada saat karyanya diterbitkan, Audubon juga telah menyelesaikan beberapa karyanya yang lain. Semua karyanya diterbitkan pada tahun 1827 sampai tahun 1838, terkenal dengan judul The Birds of America. Karya inilah yang mengharumkan nama Audubon dan menjadikan namanya terus dikenang orang hingga sekarang.

Audubon meninggal dunia pada 27 Januari 1851 di New York. Dunia mengenangnya sebagai tokoh pecinta satwa dan pelestari lingkungan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.