TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 8, 2016

Penemu Internet - Leonard Kleinrock


Internet adalah sebuah faktor terpenting untuk membantu atau meringankan pekerjaan kita. Kita sebagai seorang murid atau pelajar juga bisa memanfaatkan internet ini sebagai sumber pengetahuan yang sangat luas. Namun sayang, ada kelemahan dari internet, yaitu banyaknya konten-konten negatif seperti pornografi, perjudian, dan konten-konten negatif lainnya yang dapat merusak moral bangsa. Namun jika dibandingkan, sisi positif lah yang paling banyak ditemukan di internet ini. Namun apakah kamu tau siapa penemu internet? Dia adalah Leonard Kleinrock, seorang insinyur dan juga seorang ilmuwan asal Amerika Serikat (AS) yang bisa juga dijuluki sebagai Bapak Internet.
Leonard Kleinrock
Leonard Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 dan sekarang berumur 80 tahun. Dia lahir di New York City, New York. Sekarang dia tinggal di kota Los Angeles. Leonard Kleinrock sendiri adalah seorang yang berkebangsaan Amerika Serikat, dia ahli bahkan bisa juga dikatakan sangat ahli di bidang Teknik Ilmu komputer. Dia juga adalah seorang jenius yang lulus di Universitas California.

Setelah Leonard Kleinrock menyelesaikan masa-masa kuliahnya yang tentu sangat menyenangkan, dia (Leonard Kleinrock) melanjutkan utnuk masuk ke jajarang pengajar di Universitas California Los Angeles atau bisa disingkat dengan nama UCLA. Disanalah (Universitas California Los Angeles atau UCLA) lahir sebuah teknologi yang selalu kita pakai, yaitu itnernet. Di Universitas California Los Angeles atau UCLA tersebut juga adalah tempat dimana dia sangat menikmati apa yang dia kerjakan, dan juga ketertarikannya di sistem jaringan komputer punsemakin mantap.

Pesan pertama ARPANET dikirim oleh UCLA, mahasiswa programmer Charley Kline, pukul 10.30 WIB, 29 Oktober 1969 dari boelter Hall 3420. Ia dibimbing oleh Kleinrock. Kline ditransmisikan dari Universitas Komputer SDS Sigma ke Stanford. Dua huruf yaitu LO diketik pada keyboard di Universitas California, Los Angeles (UCLA), dan muncul pada layar di Stanford Research Institute, 314 mil jauhnya. Para ilmuwan komputer bermaksud untuk instruksi LOGIN, tetapi sambungan ini hilang tepat sebelum G.


Pada tahun 1988, Kleinrock adalah ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. Laporan ini sangat berpengaruh dan digunakan untuk mengembangkan Computing High Performance UU tahun 1991 yang berpengaruh dalam perkembangan Internet seperti yang dikenal saat ini. Pendanaan dari RUU itu digunakan dalam pengembangan browser web tahun 1993 Mosaic , di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).
Leonard Kleinrock - Penemu Internet
Sekarang ini Teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal misalnya mailing list. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Dia telah menerima banyak penghargaan. Kleinrock dipilih untuk menerima penghargaan bergengsi yaitu Nasional of Science, sebuah kehormatan ilmiah bangsa, dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science dalam memberikan kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring.

Jadi, dari Leonard Kleinrock ini atau bisa kita sebut Bapak Internet ini, kita bisa mempelajari dari perjalanan hidupnya, bahwa si Leonard Kleinrock atau Bapak Internet ini memiliki dedikasi yang kuat dan selalu belajar untuk menggapai sebuah cita-citanya tersebut. Faktanya, karena ketertarikannya di dunia jaringan komputer, dia sudah bisa mendulang kesuksesan, bukan mendulang kesuksesan saja, dia juga sekaligus mendapatkan berbagai penghargaan yang lumayan.

Sumber: http://www.penemu.co

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.