TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 8, 2016

Pencipta Komputer Pertama - Howard Hathaway Aiken


Saat ini komputer sudah banyak dipakai orang. Tak hanya di perkantoran, tapi juga di perumahan. Itu karena komputer memiliki banyak fungsi. Selain untuk mengetik, menghitung, dan menyimpan data, komputer juga dapat digunakan memutar film, mendengarkan musik, bermain game, berselancar di internet, dan banyak fungsi lainnya.

Namun, itu sekarang. Dahulu, komputer hanya bisa digunakan untuk menghitung. Disamping itu, bentuknya juga tidak seperti sekarang. Komputer zaman dahulu lebih besar dan berat. Pencipta komputer pertama adalah seorang ahli matematika bernama Howard Hathaway Aiken atau yang biasa dipanggil dengan nama Aiken saja.

Howard hathaway Aiken dilahirkan di New Jersey, 9 Maret 1900. Ia menempuh kuliah di University of Wisconsin dan memperoleh gelar Doktor di Universitas Harvard. Saat menjadi instruktur di Departemen Fisika Harvard, Aiken berangan-angan ingin membuat komputer atau mesin hitung (compute = menghitung). Sebenarnya pada saat itu sudah ada mesin hitung ciptaan Hollerith, namun mesin itu tidak bisa menyelesaikan perhitungan yang mengandung bilangan negatif. Nah, Aiken berencana membuat mesin hitung yang dapat menyelesaikan soal matematika yang mengandung bilangan besar.
Howard Hathaway Aiken
Tahun 1937, Aiken mendalami tulisan-tulisan Charles Babbage, seorang ilmuwan besar yang sebelumnya menemukan mesin hitung digital yang menjadi ikon paling terkenal dalam sejarah perkembangan dan penemuan komputer. Aiken banyak termotivasi dan terinpirasi oleh gagasan-gagasan Babbage. Berbekal itu, Aiken pun terdorong untuk menyelesaikan rancangan komputer yang diangankannya.

Dengan bantuan IBM, Aiken berhasil membuat komputer pertama yang diberi nama Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC). Tahukan kamu berapa ukuran komputer buatan Aiken itu? Asal tahu, tingginya 2,4 meter, panjang 15,3 meter, dan bobotnya 35 ton. Di dalamnya terdapat kabel sepanjang 800 kilometer dan 3 juta saklar. Bisa kamu bayangkan, betapa besarnya komputer itu.
Komputer Pertama Ciptaan Aiken - Harvard Mark I
Komputer buatan Aiken mampu menyelesaikan 23 jenis soal yang berhubungan dengan bilangan. Operasi penjumlahan membutuhkan waktu 6 detik, dan pembagian 12 detik. Aiken kemudian menyempurnakan ASCC di Universitas Harvard. Disana namanya diubah menjadi Harvard Mark I. Komputer Harvard Mark I itu dikerjakan Aiken bersama-sama dengan tiga insinyur lainnya, yaitu Durfee, Hamilton, dan Lake.
Tak lama berselang, komputer ciptaan Aiken berubah menjadi mesin perang. Angkatan Laut Amerika Serikat menggunakannya untuk menghitung akurasi tembakan meriam dan peluncuran roket. Pada tahun 1947, Aiken menyelesaikan Harvard Mark II, komputer generasi baru. Kemudian pada tahun 1952, Aiken meneruskan pekerjaannya dengan membuat Harvard Mark III dan IV.

Aiken meninggal dunia di Missouri, Amerika Serikat, pada 14 Maret 1973. Meski komputer ciptaan Aiken hanya berfungsi sebagai mesin hitung, namun kita tidak boleh begitu saja melupakan jasa Aiken. Aiken telah berjasa meretas dunia baru komputer modern.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.