TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 7, 2016

Penemu Piano - Bartolomeo Cristofori


Bartolomeo Cristofori
Bartolomeo Cristofori
Piano adalah salah satu alat musik yang bisa menghasilkan alunan nada yang indah. Kalau anda pernah mendengarkan musik klasik karya Mozart, Bach, Beethoven, atau maestro musik  klasik lainnya maka kamu dapat merasakan keindahan nada yang bisa dimainkan dari alat musik piano.

Sampai saat ini pun piano masih digunakan untuk berbagai event musik. Apalagi piano tergolong alat musik yang cukup fleksibel, dalam arti piano bisa digunakan untuk berbagai jenis musik, mulai yang lembut sampai yang keras sekalipun.

Nah tahukah kamu siapa orang yang telah berjasa menemukan alat musik piano? Orang yang disebut-sebut sebagai penemu piano adalah Bartolomeo Cristofori.

Cristofori lahir di Padua, Italia pada 4 Mei 1655. Kehidupan masa kecilnya tidak banyak diketahui. Sebuah sumber hanya mengatakan bahwa Cristofori menimba ilmu dengan cara mengabdi pada Nikolo Amati yaitu seorang pembuat biola pada masa itu.

Saat berusia 33 tahun atau tepatnya pada tahun 1688, Cristofori direkrut bekerja oleh Prince Ferdinando de Medici. Ferdinando adalah seorang pecinta musik yang merupakan pewaris Cosimo III, satu dari Grand Dukes of Tuscany. Saat itu Tuscany merupakan kerajaan otonom kecil di Italia. Cristofori bekerja dengan ulet dan rajin sehingga Ferdinando kagum dan senang kepadanya. Kekaguman itu diwujudkan Ferdinando dengan cara memberikan bayaran yang jauh lebih tinggi dari bayaran yang semula disepakati.
Pianoforte Bartolomeo Cristofori
Pianoforte karya Bartolomeo Cristofori
Pada tahun 1700, untuk pertama kalinya Cristofori membuat alat musik yang kemudian dikenal dengan nama piano. Alat musik temuan Cristofori itu mempunyai nada 4 oktaf. Seorang jurnalis bernama Scipione Maffei menggambarkan alat musik Cristofori itu sebagai Gravecembalo Col Piano El Forte yang berarti Harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras. Semula, alat musik itu disebut Pianoforte. Namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama piano.

Bartolomeo Cristofori meninggal dunia pada 27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun. Saat ini setidaknya masih ada 3 piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di berbagai museum. Satu tersimpan di Metropolitan Museum of Art (Roma, Italia) buatan tahun 1720, Museo Strumenti Musicali (Roma, Italia buatan tahun 1722, dan satunya lagi di Musikinstrumenten-Museum of Leipzig University (Jerman) buatan tahun 1726.