TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 6, 2016

Penemu Tank - Sir Ernest Swinton


Tank merupakan kendaraan lapis baja yang digunakan oleh kalangan militer atau paling banyak digunakan ketika perang karena anti peluru. Tank jaman sekarang semakin canggih, banyak teknologi baru yang diterapkan kedalam tank seperti sistem persenjataan serta teknologi militer lainnya.

Tank juga memiliki kekuatan penghancur yang dahsyat ketika digunakan dalam perang selain mempunyai perlingdungan yang kuat terhadap peluru atau bom. penemu kendaraan tank yaitu Sir Ernest Swinton. Mayor Jenderal Sri Ernest Swinton Dunlop, lahir di Bangalore, India, pada 21 Oktober 1868. Swinton adalah perwira Angkatan Darat Inggris dan penemu tank. Swinton ditugaskan untuk mempengaruhi pengembangan dan penggunaan tangki selama Perang Dunia Pertama oleh Inggris. Selain itu, ia terkenal dengan istilah yang sering di ucapkan, yaitu Tidak ada tanah manusia.
Sir Ernest Swinton - Penemu Tank
Penemuan kendaraan lapis baja atau Tank bermula ketika ia mendapatkan ide untuk membuat tangki pada 19 Oktober 1914, saat sedang mengemudi mobilnya di Perancis. Sebelumnya, ia mendapat kiriman surat dari salah satu temannya yang bernama Hugh Merriot, ia adalah seorang Insinyur yang tinggal di Afrika Selatan. Dalam surat tersebut Merriot meminta Swinton untuk datang ke Afrika Selatan guna membicarakan kemungkinan traktor yang dilapisi baja sangat berguna dalam perang.

Benjamin Holt dari Holt Manufacturing Company membeli paten rantai track, traktor tipe track dari Richard Hornsby & Sons pada athun 1914. Saat terjadi Perang Dunia I, kantor perang Inggris memerintahkan traktor Holt untuk digunakan dalam perang. Mayor Swinton di kirim ke Perancis sebagai koresponden perang tentara, disana ia melihat traktor Holt yang digunakan untuk membawa keperluan mereka dalal perang.

Pada tahun 1914 Swinton telah naik pangkat menjadi Letnan Kolonel, ia menunjuk Lord kitchener sebagai koresponden perang di perbatasan barat. Swinton mulai khawatir melihat para infantry gugur di tembak menggunakan mesin meriam, sehingga ia memerintahkan untuk berperang dengan metode parit. Saat ia melihat traktor Holt, ia memiliki ide untuk membuat tangki. Maka ia segera menulis sebuah memo yang menjelaskan tentang keunggulan tangki, memo tersebut ditujukan kepada Maurice Tipu, Sekertaris Dewan Perang yang ada di London.
Desain Prototipe Tank Pertama Di Dunia
Setelah menerima memo tersebut, Maurice sangat tertarik dengan ide Swinton tersebut. Selanjutnya memo tersebut dikirim Winston Churchill, Menteri Angkatan Laut. Churchill bersama dengan Lloyd mendukung ide tersebut dan membentuk Komite Landships untuk merancang serta membuat model uji kendaraan tangki. Angkatan laut dikerahkan hingga mengeluarkan skuardon mobil yang berlapis baja untuk melindungi lapangan terbang angkatan laut di Belgia, untuk mengadakan uji coba terhadap kendaraan tangki yang muncul sebagai perkembangan dari mobil lapis baja.

Setelah uji coba tersebut berhasil, tangki prototype diproduksi langsung lengkap dengan senjata untuk berperang. Kendaraan tangki prototype ini mulai digunakan dalam perang pada September 1916. Pada tahun 1918, Swinton pensiun dan menjabat sebagai Controller Departemen Informasi Penerbangan Sipil di Kementerian Air hingga tahun 1921. Pada tahun 1922, ia menjabat sebagai direktur perusahaan Citroen.

Pada tahun 1925, ia kembali masuk ke akademisi Swinton dan menjadi Profesor Sejarah Militer di Oxford University. Pada tahub 1934, ia menjadi Kolonel Komandan Royal Tank Corps. Swinton meninggal dunia pada 15 Januari 1951.

Sumber: http://www.penemu.co/

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.