TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 4, 2016

Penemu Fotografi Kilat - Edwin Herbert Land


Jepret!!! Beberapa saat kemudian dalam waktu singkat sebuah gambar telah tercetak diselembar kertas foto yang menawan.

Ya, salah satu perkembangan fotografi yang cukup penting adalah ditemukannya sistem fotografi kilat sehingga kita tidak perlu menunggu berhari-hari untuk melihat hasilnya. Tentu anda sudah pernah merasakan kemudahan dari fotografi kilat ini, bukan?

Edwin Herbert Land - Penemu Fotografi Kilat
Edwin Herbert Land

Adalah Edwin Herbert Land atau yang biasa dipanggil Land saja, telah berjasa menemukan fotografi kilat ini pada tahun 1947. Land adalah ahli fisika, lahir pada 1909.

Sebelum Land menemukan sistem fotografi kilat, proses fotografi memakan waktu lama, bahkan bisa sampai berhari-hari tergantung lokasi untuk memprosesnya. Dengan fotografi kilat, tidak hanya waktu yang bisa dihemat, tetapi juga biaya.

Untuk menemukan sistem fotografi kilat, Land harus meninggalkan Harvard dan melakukan penelitian tentang polarisasi cahaya. Dua tahun kemudian, ia berhasil menemukan sebuah filter polarisasi yang berguna sebagai lensa kamera dan menghilangkan pantulan serta kilauan. Berbekal penemuan itu, Land mendirikan perusahaan bernama Polaroid Corporation. Bergerak dibidang produksi filter, pelindung jendela, kacamata, dan juga lampu.

Selang sepuluh tahun kemudian, atau sekitar tahun 1947, Land menemukan film kilat polaroid yang digunakan untuk kamera. Awalnya, film ini digunakan pada kameranya sendiri, baru kemudian disebarluaskan pada masyarakat luas saat itu. Setelah itu pada tahun 1963, Land menemukan Polacator, yaitu film berwarna pertama yang dapat diproses dalam waktu cepat (kilat), yaitu hanya membutuhkan satu menit lamanya.

Penemuannya itu telah menjadikan dunia fotografi mengalami revolusi hingga menjadi semakin berkembang, dan menjadi kebutuhan setiap orang, keluarga, oraganisasi, ataupun lembaga di era modern. Fotografi pun menjadi semakin mudah dan bisa segera dilihat hasilnya. Dijepret, dan dalam waktu tak lama hasilnya sudah bisa dilihat. Land, sang Penemu sistem fotografi kilat itu meninggal dunia pada tahun 1991.  

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.