TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 5, 2016

Penemu Kodak - George Eastman


Anda pernah mendengar istilah 'kodak'? Ya, kodak adalah istilah untuk menyebut sebuah kamera ukuran saku yang ringan dan mudah dibawa. Dengan ditemukannya kamera jenis kodak, dunia fotografi mengalami revolusi yang berujung pada makin lumrahnya penggunaan fotografi pada abad ke-20. Dengan ditemukannya kodak, fotografi menjadi sedemikian mudah, ringan, dan murah.
George Eastman - Penemu Kodak
George Eastman
Tahukah kamu siapa tokoh dibalik popularitas kata 'kodak' yang sekaligus dikenal sebagai penemu kodak? Ia adalah George Eastman.

George Eastman lahir pada 12 Juli 1854 di Waterville dekat New York, Amerika Serikat. Ia lahir dari keluarga miskin. Ketika usianya masih sangat muda, ia harus ikut memikul tanggung jawab menghidupi keluarga. Ia mula-mula bekerja sebagai kurir di sebuah perusahaan asuransi, lalu menjadi pegawai arsip. Sambil bekerja, Eastman belajar akuntansi pada malam harinya.

Pada usia 24 tahun, ia diterima bekerja sebagi pegawai junior di sebuah bank. Hingga kemudian, penemuan tak sengaja dengan fotografi telah membawanya menekuni bidang yang membuat ditinya terkenal dan kaya raya.

Ceritanya, suatu hari saat hendak melakukan perjalanan ke Santo Domingo, Kepulauan Karibia dalam rangka cuti. Ia disarankan oleh rekannya untuk mendokumentasikan perjalannya melalui foto. Zaman itu, perlatan fotografi sangat susah dibawa karena ukurannya yang sangat besar, sementara prosesnya sendiri belum begitu sempurna seperti sekarang.

Eastman sendiri menyukai dunia fotografi. Kesukaannya pada fotografi membuat Eastman terus menerus bereksperimen dengan emulsi di 'laboratorium' yang tak lain adalah dapur ibunya. Ia kemudian menemukan resep emulsi fotografi dengan pelat kering yang seger dipatenkan olehnya pada tahun 1880. Dengan dana tabungan dan pembelian hak patennya oleh sebuah perusahaan fotografi di Inggris, Eastman mulai memproduksi pelat foto kering dan menjualnya disebuah ruang loteng sewaan. Ambisi Eastman mempopulerkan fotografi ketika ia menemukan dan menyempurnakan film, serta berusaha membuat kamera sederhana. Maka pada bulan Juni 1888, muncullah kata baru 'kodak' untuk sebuah kamera ringan. Nama itu muncul begitu saja. Banyak orang yang bertanya, darimana kata itu berasal? "Saya mengarang sendiri nama itu, saya senang sekali dengan huruf 'K', kedengaran mantap dan tegas. Lalu saya coba berbagai kombinasi huruf yang menghasilkan kata dengan huruf awal 'K', tutur Eastman".
Kodak ciptaan George Eastman
Kodak ciptaan George Eastman
Nama itu memang terbukti tenar, bahkan menjadi semacam nama generik untuk kamera. Dengan menemukan kodak, maka fotografi tidak lagi menjadi sulit, dan bisa dikerjakan oleh siapa saja. Setelah penemuan kodak, banyak lagi kemajuan fotografi yang dipelopori oleh Eastman. Pada intinya, ia telah membuat fotografi menjadi sedemikian sederhana dan mudah. Karena itu, semua produk yang dihasilkan 'Kodak' selalu laris terjual, hingga mengantarkan Eastman menjadi tenar dan kaya raya.
George Eastman bersama Thomas Alva Edison
George Eastman bersama Thomas Alva Edison
Namun meski tenar dan kaya raya, Eastman dikenal dengan pribadi yang bersahaja dan banyak menyumbangkan hartanya. Ia juga sangat menghargai karyawannya, bahkan ia dikenal sebagai pengusaha pertama yang membagikan keuntungan perusahaan kepada karyawan, serta merancang sistem pensiun bagi karyawannya. Eastman meninggal dunia pada 14 Maret 1932.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.