TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 3, 2016

Penemu Televisi - John Logie Baird


Arti penting dari televisi tentu sudah dimaklumi oleh banyak orang. Hampir disetiap rumah, orang-orang memiliki televisi. Televisi tidak lagi dianggap sebagai barang mewah, namun telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan. Televisi juga tidak hanya menyajikan hiburan, namun juga informasi, dan pendidikan.
John Logie Baird - Penemu Televisi
John Logie Baird
Penemu televisi yang pertama lahir di Helensburgh, Skotlandia, pada tahun 1888. Pada awalnya dia adalah seorang insinyur dan seorang pengusaha yang bekerja di London. Usahanya gagal dan dia mengalami kebangkrutan pada usia 35 tahun. Dia kemudian pindah ke Hastings, Sussex.

Pada tahun 1894, Heinrich Hertz telah berhasil menemukan adanya gelombang elektromagnetik yang bergerak di udara dengan kecepatan suara dan tidak tampak dengan mata. Pada tahun 1896, Guglielmo Marconi menggunakan gelombang ini untuk menciptakan radio pertama. Hal ini menimbulkan gagasan dalam diri Baird untuk menciptakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengirim gambar sekaligus suara melalui gelombang elektromagnetik.

Pada tahun 1923, dia mulai melakukan berbagai percobaan untuk mewujudkan gagasannya. Sehingga pada tahun 1924, percobaan yang dilakukannya berhasil. Dia bisa mengirimkan sebuah gambar salib dalam jarak tiga meter lebih. Setelah itu, dia pergi ke London. Pada tahun 2 Oktober 1925, dia juga berhasil mentransmisikan gambar wajah seorang anak laki-laki yang dikirim dari satu ruangan ke ruangan yang lainnya.
Televisi Pertama Hasil Temuan John Logie Baird
Televisi Pertama Hasil Temuan John Logie Baird
Tahun 1926 dia membawa alat penemuannya itu dan memperagakan di Institut Kerajaan (Royal Institute) di London. Ini adalah peragaan televisi pertama di dunia. Penemuannya ini disambut dengan baik, dan Baird mendapatkan kontrak kerja dari radio Inggris, BBC (British Broadcasting Company). Pada 1929, BBC mulai menggunakan peralatan ciptaan Baird untuk melakukan siaran televisi pertama. Tahun 1931, BBC juga berhasil melakukan siaran langsung untuk pertama kalinya.


Saat itu ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat dan banyak teknologi-teknologi baru yang ditemukan. Bahkan pada tahun 1933, muncul pemanfaatan tabung sinar katoda yang bisa digunakan untuk televisi. Teknologi baru ini ternyata lebih maju dan lebih canggih dari apa yang telah ditemukan oleh Baird. Tahun 1936, BBC tidak lagi menggunakan peralatan dari Baird, tapi menggunakan peralatan yang dibuat oleh Amerika Serikat.

Meski sekarang televisi tidak lagi menggunakan teknologi temuan Baird, namun gagasan dan apa yang ditemukan oleh Baird untuk mempelopori lahirnya televisi membuat Baird mendapatkan julukan sebagai "Bapak Televisi".

Mengingat besarnya pengaruh televisi dalam kehidupan sekarang ini, penting bagi kita untuk menganggap John Logie Baird sebagai salah satu tokoh penemu yang penting di zaman modern ini.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.