TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 15, 2016

Penemu Wadah Awan - Charles Thomson Rees Wilson


Charles Thomson Rees Wilson atau yang lebih dikenal dengan Charles Wilson adalah seorang fisikawan Skotlandia dan penerima Nobel Fisika pada tahun 1927 bersama fisikawan Arthur Holly Compton. Pada tahun 1911, dia menemukan wadah awan yang merupakan detektor pertama untuk mengungkap partikel-pertikel subatomik yang terbang.
Penemu Wadah Awan - Charles Thomson Rees Wilson
Charles Thomson Rees Wilson
Partikel-partikel dari sumber radioaktif bergerak di seluruh wadah gelas, pertikel-pertikel membentur elektron keluar dari atom-atom di udara, menghasilkan ion-ion bermuatan positif (atom tidak utuh). Tekanan dalam wadah tiba-tiba berkurang, dan uap air mengalami kondensasi pada ion-ion, membentuk jalan tetesan yang kecil. Alat ini dikenal dengan nama Wilson Cloud Chamber (Wadah Awan Wilson). Alat ini sangat penting dalam perkembangan fisika dan meteorologi. Penemuan inilah yang mengantarkan Charles Wilson meraih Nobel.

Charles Wilson lahir di Glencorse, Skotlandia, pada tanggal 14 Februari 1869. Dia lahir dari keluarga petani. Nenek moyangnya secara turun temurun menjadi petani di selatan Skotlandia. Ayahnya bernama John Wilson dan ibunya Annie Clerk Harper.

Pada usia empat tahun, Wilson sudah menjadi yatim. Kemudian dia bersama ibu dan keluarganya pindah ke Manchester. Disini dia masuk sekolah swasta. Pada tahun 1887 dia masuk Owen College, yang kini bernama Victoria Institute of Manchester. Meskipun dia bercita-cita menjadi ahli fisika, di kampus ini dia lebih banyak mengambil kuliah biologi.
Wadah Awan Wilson
Wadah Awan Wilson
Pada tahun 1888, dia mendapat beasiswa dan kuliah di Universitas Cambridge. Dia mendapat gelar sarjana muda pada tahun 1892. Disini dia lebih tertarik belajar fisika dan kimia. Kemudian selama empat tahun dia mengajar di Bradford Grammar School, di Inggris. Tahun 1896 dia kembali ke Cambridge sebagai peneliti. Di kampus ini dia menyandang gelar professor. Pada tahun 1936 dia mengundurkan diri dari kegiatan kampus untuk beristirahat.

Setelah pensiun, Charles Wilson pindah ke Edinburgh. Pada usia 80 tahun, dia pindah ke Verlops, sebuah desa yang dekat dengan tempat kelahirannya. Hari-harinya bukan berlalu begitu saja dengan duduk diam tanpa berbuat apa-apa. Dia masih tetap berkarya. Meneliti, menulis, dan mempublikasikan tulisannya masih dia kerjakan sampai berusia 87 tahun. Begitu juga dengan hubungan sosialnya masih tetap dia pertahankan. Dia masih sering bertemu dengan teman-temannya walaupun hanya sekedar makan siang.

Charles Wilson mengembuskan nafas terakhir pada tanggal 15 November 1959 ditengah keluarganya yang tercinta. Dia meninggalkan dua orang putra dan dua orang putri hasil pernikahannya dengan Jessie Fraser, putri Rev. G. H. Dick of Glasgow, yang dinikahinya pada tahun 1980.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.