TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 15, 2016

Penemu Lem Super - Harry Coover


Lem adalah bahan perekat yang sering kita pakai untuk merekatkan suatu benda. Saat ini kita mengenal banyak jenis lem sesuai dengan kegunaannya. Ada lem kertas, lem plastik, lem tembaga, dan lain sebagainya.

Sekitar tahun 1750, hak paten untuk lem atau bahan perekat yang pertama dikeluarkan di Inggris. Ketika itu lem dibuat dari ikan. Lem kemudian menjadi bahan perbincangan hangat. Banyak orang kemudian mengajukan hak paten dan mengklaim telah membuat lem dari berbagai bahan seperti karet alam, tulang binatang, tepung kanji, dan protein susu.

Pada zaman kuno, lem memiliki daya rekat yang tidak begitu kuat. Lem yang berdaya rekat kuat atau yang dinamakan dengan lem super ditemukan oleh Harry Coover. Lem berbahan sintesis yang disebut cyanoacrylate ditemukan tanpa sengaja oleh Coover pada tahun 1951, saat ia bekerja di salah satu Laboratorium Penelitian Kodak milik George Eastman. Lem buatan Coover merupakan materi unik yang belum dikenal sebelumnya. Sekarang lem buatan Coover digunakan dalam dunia industri dan rumah tangga.
Harry Coover - Penemu Lem Super
Harry Coover
Harry Coover adalah seorang doktor lulusan Trinity College, Dublin, Irlandia. Terkait dengan penemuan lem supernya, ketika itu ia tengah bekerja dengan rekan kerjanya bernama Fred Joyner di Laboratorium Kodak. Keduanya tengah membuat peralatan dengan bahan cyanoacrylate. Coover menguji kekuatan cyanoacrylate sebagai penutup pesawat jet, sedangkan Joyner menggunakannya untuk lensa film. Ternyata kedua benda percobaan itu melekat satu sama lain. Meski ditarik sekuat tenaga, kedua benda itu tidak mau lepas. Melihat kejadian itu, keduanya memutuskan menggunakan cyanoacrylate sebagai bahan pembuatan lem.
Lem Super
Tahun 1958, Coover berhasil menyelesaikan usaha pembuatan lem super tersebut. Atas penemuannya itu, Coover menerima medali dari Anne Chasser, Komisaris Badan Hak Paten Amerika Serikat. Dan penghargaan dari Rick Nydegger, Presiden Lembaga Para Penemu Dunia.

Coover merupakan salah satu penemu terbesar dunia dengan mengantongi hak paten sebanyak 460 buah dan lebih dari 60 riset. Selain lem super, Coover juga memiliki banyak prestasi menonjol diantaranya adalah kepeloporannya dalam bidang polimer dan riset di bidang kimia organik.

Di bidang polimer, Coover telah menciptakan berbagai peralatan dengan bahan polimer yang sekarang banyak digunakan orang. Di bidang riset kimia organik, ia telah menghasilkan berbaghai pestisida dan polimer pembasmi hama.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.