TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

April 19, 2019

Bapak Komputer - Charles Babbage


Charles Babbage yaitu seorang ilmuwan penemu mesin hitung digital. Mesin hitung yang ditemukan oleh Charles Babbage ini adalah salah satu ikon yang paling terkenal dalam sejarah komputer, dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Oleh karena itu, Charles Babbage dijuluki sebagai "Bapak Komputer". The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.
Bapak Komputer - Charles Babbage
Charles Babbage
Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, pada 26 Desember 1791. Ayahnya Benjamin Babbage adalah seorang Bankir. Sejak kecil ia sangat menyukai pelajaran matematika. Maka tak heran saat ia menempuh studi di Trinity College pada tahun 1811, nilai matematikanya sangat menonjol, bahkan kemampuan matematikanya jauh lebih baik daripada tutornya sendiri.

Menginjak usia 28 tahun, Babbage bekerja sebagai seorang ahli Matematika, terutama di bidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, ia terpilih sebagai anggota Royal Society, sebuah organisasi sains dan akademis independen di Inggris Raya, dan memainkan peranan penting di Astronomical Society (Organisasi Astronomi dan Geofisika) di Inggris Raya pada tahun 1920.

Tahun 1821, Charles Babbage menciptakan sebuah mesin yang dapat menyusun tabel matematika, yang diberi nama Difference Engine. Tahun 1832, saat ia melengkapi mesin tersebut, ia mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis, namun berbagai jenis operasi Aritmetika. Mesin ini dinamakan Anatycal Engine, yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum dan mempunyai karakteristik dari komputer modern. Namun karyanya tersebut kurang dikenal luas. Baru pada tahun 1843, ketika karya Charles Babbage tersebut diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace, mulailah karya Babbage tersebut dikenal luas.
Mesin kalkulator otomatis pertama karya Charles Babbage
Mesin kalkulator otomatis pertama karya Charles Babbage
Namun sayang, hanya sedikit sisa peninggalan dari mesin Difference Engine ini. Hal ini dikarenakan kebutuhan mesin tersebut melebihi teknologi yang tersedia pada zaman itu. Dan walaupun hasil kerja Charles Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, pemerimtah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk Difference Engine pada tahun 1832, dan dihentikan sepenuhnya pada tahun 1842. Demikian pula dengan Difference Engine yang hanya terwujud dalam rencana dan desain.

Sekian dulu tulisan dari saya, semoga bermanfaat untuk anda pembaca setia blog ini. Mohon maaf jika saya terlalu lama baru bisa menuliskan artikel bermanfaat ini. Silahkan dishare jika artikel ini menarik atau mungkin berguna bagi anda. Terima Kasih