TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 5, 2016

Pendiri Palang Merah Internasional - Henry Dunant


Palang Merah adalah lembaga kemanusiaan yang berperan penting dalam menolong korban-korban perang dan bencana alam. Sejarah Palang Merah bermula ketika seorang pemuda bernama Henry Dunant mengadakan perjalanan dari Swiss menuju Prancis pada bulan Juli 1859.

Ketika itu tengah berkecamuk perang antara Italia dan Prancis melawan Austria. Ketika sampai di kota Solferino (Italia), Dunant menyaksikan pemandangan yang mengerikan. Puluhan ribu tentara yang terluka dan yang telah mati bergelimpangan di jalan, nurani Dunant tersentuh. Bersama penduduk setempat, Dunant memberikan pertolongan kepada tentara yang terluka.
Pendiri Palang Merah Internasional - Henry Dunant
Henry Dunant
Peristiwa Solferino itu menghantui Dunant sehingga ia pun menuliskannya dalam sebuah buku yang berjudul A Memory of Solferino. Buku itu dicetak di Jenewa pada Oktober 1862. Dalam bukunya itu, Dunant mengemukakan pemikirannya akan perlunya sebuah perkumpulan yang mengemban misi menolong para korban perang tanpa memandang ras dan kebangsaan. Akhirnya bersama beberapa rekannya, Dunant mendirikan Palang Merah Internasional. Slogannya yang sangat terkenal adalah "Tutti Fratelli" yang artinya "Kita Semua Bersaudara".

Seusai Perang Dunia II yang menelan banyak korban, dunia memandang perlu menyempurnakan aturan perang. Pada bulan Agustus 1949, dunia menyepakati Konvensi Jenewa, sebuah aturan tentang perang yang wajib dipatuhi di negara manapun. Isi konvensi itu antara lain, larangan menyerang rakyat sipil, jalur komunikasi, atau tempat ibadah. Konvensi juga memberikan hak istimewa bagi Palang Merah untuk menolong korban dari pihak manapun.

Kini Palang Merah menyebar di berbagai negara termasuk di Indonesia dengan nama Palang Merah Indonesia atau sering disingkat PMI. Atas jasanya mendirikan Palang Merah Internasional, pada tahun 1901 Henry Dunant memperoleh Penghargaan Nobel Perdamaian. Sembilan tahun kemudian, Dunant meninggal dunia pada tanggal 30 Oktober 1910. Untuk mengenang jasa Dunant, hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Palang Merah Dunia. Henry Dunant lahir di Jenewa (Swiss) tanggal 8 Mei 1828.