TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 26, 2016

Penemu Traktor - John Froelich


Petani tradisional biasa membajak sawah dengan alat bajak yang ditarik oleh dua ekor sapi atau kerbau. Cara ini memang asyik, tapi kurang cepat. Untunglah ditemukan mesin pembajak modern yang bisa bekerja lebih cepat. Mesin pembajak itu lebih lazim disebut dengan traktor. Penemunya adalah seorang ilmuwan yang bernama John Froelich.
Penemu Traktor - John Froelich
John Froelich
John Froelich lahir di Iowa, 24 November 1849. Ia menemukan traktor pada tahun 1892. Traktor itu bertenaga mesin dan memiliki kekuatan setara dengan 16 tenaga kuda. Selain bisa untuk membajak sawah, traktor yang dibuat bersama asistennya William Mann, juga bisa dimanfaatkan untuk "menyelep" padi.

Berbekal temuannya itu, John Froelich mendirikan Waterloo Gasoline Traction Engine Company bersama dengan beberapa pengusaha. Namun usaha itu mengalami kegagalan. Hanya sua buah traktor yang terjual. Itupun dikembalikan pembelinya dengan alasan tidak memuaskan. Maklum kala itu masyarakat masih terbiasa bertani secara tradisional. Mereka belum bisa menerima penemuan baru.

Froelich lalu menjual perusahaannya dan melupakan penemuannya itu. John Dere pemilik baru pabrik traktor, kemudian mendesain ulang traktor ciptaan Froelich. Ia membuat traktor yang kuat namun efisien sehingga petani tertarik membelinya.

Kini traktor sudah digunakan oleh petani modern di berbagai belahan dunia. Tidak hanya di negara maju seperti Amerika dan Australia tapi juga di negara berkembang seperti Thailand, India, Vietnam, termasuk Indonesia.

Penemuan traktor telah membuat kemajuan di dunia pertanian. Kemajuan itu tentu tidak lepas dari jasa Froelich yang telah menemukannya. John Froelich meninggal dunia pada tahun 1933 di St.Paul. Pada tahun 1991, ia dianugerahi gelar "Penemu dari Iowa".

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.