TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 13, 2016

Penemu Gelombang FM - Edwin Howard Armstrong


Edwin Howard Armstrong lahir di kota New York pada tanggal 18 Desember 1890. Dia adalah insinyur listrik Amerika Serikat yang merintis era baru dalam perkembangan komunikasi radio. Dia mendapatkan gelar professor di bidang kelistrikan dari Universitas Columbia, tempat dimana dia menimba ilmu selama ini.
Penemu Frekuensi FM - Edwin Howard Armstrong
Edwin Howard Armstrong
Armstrong mengembangkan beberapa sistem dan aliran listrik yang penting dalam dunia radio, diantaranya sirkuit superheterodine yang kemudian banyak digunakan didalam pesawat radio. Pada tahun 1920, dia menemukan super-regenerasi, sirkuit yang banyak dipakai satuan kepolisian dan radio militer. Tahun 1933, Armstrong juga menemukan sistem modulasi frekuensi (Frequency Modulation atau biasa disebut FM), suatu sistem penyiaran pendek yang kualitas suaranya lebih baik dan lebih tahan terhadap interferensi gelombang-gelombang lain. Dalam gelombang FM, frekuensi pengirim diubah lebih rendah atau lebih tinggi disesuaikan dengan getaran-getaran suara yang dibawanya, tetapi amplitudonya tetap.

Edwin Howard Armstrong meninggal pada tanggal 31 Januari 1954, dan dimakamkan di Locust Grave Cemetery, Merrimac, Massachusetts. Meskipun siaran FM tidak dikembangkan sampai Armstrong meninggal, sampai saat ini dalam dunia siaran, penemuannya masih dimanfaatkan secara luas.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.