TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

September 26, 2016

Penemu Fotografi dan Pencetak Foto Pertama - Joseph Nicephore Niepce


Anda suka jeprat-jepret alias fotografi? Kalau iya, anda seharusnya berterima kasih pada Joseph Nicephore Niepce. Sebab dia adalah ilmuwan pertama yang berjasa menciptakan teknologi fotografi sekaligus mencetak foto pertama.
Penemu Fotografi dan Pencetak Foto Pertama
Joseph Nicephore Niepce
Joseph Nicephore Niepce lahir di Chalon-sur-Saone pada tahun 1765. Foto pertama yang berhasil dicetak oleh Niepce berjudul View from The Window at Le Gras. Foto itu dicetak pada tahun 1826, dan kini disimpan di University of Texas, Amerika Serikat.

Foto cetakan pertama hasil karya Niepce itu bukan dicetak diatas kertas, melainkan pada pelat logam yang dilapisi senyawa khusus. Caranya, pelat logam disinari cahaya dari kamera obscura beberapa lama sampai tercipta sebuah gambar. Lama penyinaran menggunakan kamera obscura itu bisa sampai tiga hari. Penemuan Niepce itu tidak mendapat respon masyarakat karena dianggap tidak praktis.


Pada tahun 1827 bersama dengan Louis Jacques Mande Da-guerre, Niepce berusaha untuk menyempurnakan ciptaannya agar lebih praktis. Setelah mereka mengadakan penelitian bersama, akhirnya mereke menemukan teknologi fotografi yang lebih praktis. Mereka menamakannya heliografi, yakni teknologi mencetak gambar pada pelat logam menggunakan sinar matahari.

Sebelum penemuannya benar-benar sempurna, pada tahun 1833 Niepce meninggal dunia. Setelah kematian Niepce, Daguerre sendiri meneruskan penemuan itu. Setelah kurang lebih enam tahun, Daguerre berhasil menyempurnakan penemuan itu. Menjelang tahun 1837, dia sudah berhasil mengembangkan sebuah sistem praktis fotografi yang disebutnya daguerreotype. Daguerre pun ingin segera mematenkan temuan itu. Akan tetapi, pemerintah Prancis menolaknya karena Daguerre dianggap bukan penemu pertamanya. Niepce-lah penemu pertamanya.

Tahun 1839 Daguerre memberitahu publik secara terbuka tentang fotografi yang dikembangkannya. Sebagai imbalan, pemerintah Prancis menghadiahkan pensiun seumur hidup kepada Daguerre dan anak Niepce.


Kini teknologi fotografi semakin maju dan berkembang. Perkembangannya yang paling mutakhir di dunia fotografi adalah dengan adanya fotografi digital yang sangat praktis untuk potret-memotret. Dibalik itu semua, jasa Niepce yang telah mempelopori teknologi fotografi yang pertama kali, tentu tidak boleh kita abaikan begitu saja.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.