TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 11, 2016

Penemu Psikoanalisis - Sigmund Freud


Sigmund Freud dilahirkan pada tanggal 6 Mei 1856 di kota Freiberg yang saat ini terletak di Cekoslovakia, saat itu menjadi bagian dari Imperium Austria. Saat dia berusia emapt tahun, keluarganya pindah ke Vienna tempat dia menghabiskan hampir seumur hidupnya. Freud adalah seorang murid yang menonjol dan dia menerima gelar doktor dari Universitas Vienna pada tahun 1881. Selama sepuluh tahun berikutnya, dia melakukan penelitian di bidang fisiologi, bergabung sebagai staf klinik psikiatrik dan membuka praktek di bidang neurologi, bekerja di Paris dengan neurolog ternama Prancis, Jean Charcot, dan juga dokter dari Vienna, Josef Breuer.
Penemu Psikoanalisis - Sigmund Freud
Sigmund Freud
Pemikiran Freud terhadap psikologi perlahan terbentuk. Buku pertamanya terbit pada tahun 1895 berjudul Studies in Hysteria dengan Breuer sebagai rekanan. Buku berikutnya, The Interpretation of Dreams terbit pada tahun 1900 dan merupakan salah satu karyanya yang paling orisinil dan signifikan. Walau buku itu tidak begitu laris pada awalnya, tetapi sangat menaikkan reputasinya. Banyak karya penting segera mengikuti dan pada tahun 1908 saat dia memberikan beberapa kuliah di Amerika Serikat, Freud sudah terkenal. Pada tahun 1902, Freud membentuk sebuah grup diskusi di Vienna. Salah satu anggota awalnya adalah Alfred Adler dan beberapa tahun kemudian Carl Jung juga ikut bergabung. Kedua orang itu menjadi psikolog terkemuka di dunia.

Freud menikah dan memiliki enam orang anak. Pada akhir hidupnya, Freud mengidap kanker rahang dan dari tahun 1923 dia menjalani lebih dari 30 kali operasi untuk menyembuhkannya. Tetapi dia tetap bekerja dan beberapa karya pentingnya lahir pada tahun-tahun terakhir. Pada tahun 1938, Nazi memasuki Austria dan Freud adalah seorang Yahudi berusia 82 tahun dan dipaksa lari ke London, lalu meninggal satu tahun kemudian.

Kontribusi Freud terhadap teori psikologi begitu banyak sehingga sulit untuk merangkum dengan singkat kesemuanya. Dia menekankan pentingnya proses mental bawah sadar dalam tingkah laku manusia. Dia menunjukkan bahwa proses-proses tersebut mempengaruhi isi mimpi, dan menyebabkan kekeliruan-kekeliruan umum seperti keseleo lidah atau melupakan nama, dan juga kecelakaan, bahkan penyakit.

Freud mengembangkan teknik psikologis sebagai metode untuk mengobati penyakit mental. Dia merumuskan teori struktur kepribadian manusia. Dia juga mengembangkan teori atau mempopulerkan teori psikologi yang berhubungan dengan kecemasan, mekanisme pertahanan, castration complex, represi, sublimasi, dan masih banyak lagi. Banyak dari teorinya yang sangat kontroversial dan menyulut diskusi-diskusi panas semenjak dikeluarkan oleh Freud.

Freud paling dikenal karena mengajukan ide bahwa perasaan seksual yang tertekan sering memainkan peranan dalam penyakit mental atau neurosis. Sebenarnya Freud tidak menemukan ide ini walau tulisannya banyak pembuktian ilmiah. Dia juga menunjukkan bahwa perasaan dan hasrat seksual dimulai sejak masa kanak-kanak dan bukan di masa dewasa.

Karena banyak dari ide Freud yang masih kontroversial, sulit untuk menilai tempatnya dalam sejarah. Dia seorang perintis dan pembuka jalan dengan bakat luar biasa untuk menghasilkan ide-ide baru. Tetapi teori-teori Freud (tidak seperti milik Darwin ataupun Pasteur), tidak pernah menerima pengakuan umum dari komunitas ilmiah dan sulit untuk mengatakan bagian mana dari idenya yang dianggap benar.

Walau idenya masih menjadi perdebatan, tidak diragukan bahwa Freud merupakan tokoh menonjol dalam sejarah pemikiran manusia. Ide-idenya dalam psikologi telah merevolusi konsepsi kita mengenai pikiran manusia dan banyak dari ide yang dia perkenalkan dipergunakan secara umum seperti identitas, ego, superego, oedipus complex, dan death wish.

Benar bahwa psikoanalisis merupakan metode pengobatan yang sangat mahal dan seringkali gagal, tetapi teknik ini punya banyak cerita sukses. Psikoanalisis di masa depan mungkin akan menyimpulkan bahwa perasaan seksual yang tertekan memainkan peranan yang lebih kecil dalam perilaku manusia seperti yang dipercayai banyak psikologis Freudian. Namun perasaan tertekan itu memainkan peranan yang lebih besar seperti yang dipercaya oleh banyak psikolog sebelum Freud. Serupa dengan itu, sebagian besar psikolog sekarang yakin bahwa proses mental bawah sadar memainkan peranan kunci dalam perilaku manusia, sesuatu yang dianggap remeh sebelum Freud.

Freud bukanlah psikolog pertama dan dalam jangka panjang tidak dianggap sebagai psikolog dengan ide paling mendekati kebenaran. Tetap saja dia adalah figur paling berpengaruh dan paling penting dalam perkembangan psikologi modern. Dan menilik sumbangannya dalam bidang yang dia geluti, Freud pantas mendapatkan tempat di dalam daftar tokoh penemu dan perintis dunia.

Sigmund Freud meninggal dunia di London pada 23 September 1939 pada usia 83 tahun.

2 comments:

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.