TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 11, 2016

Penemu Skala Fahrenheit - Gabriel Daniel Fahrenheit


Gabriel Daniel Fahrenheit adalah seorang fisikawan berkebangsaan Jerman. Lahir di Danzig, Polandia, pada tanggal 24 Mei 1686. Fahrenheit menetap dan bekerja di Negeri Belanda. Dia pernah magang di sebuah toko di Amsterdam. Setelah kegiatan magangnya selesai, dia menekuni bidang fisika dan bekerja membuat alat-alat meteorologi.
Penemu Skala Fahrenheit - Gabriel Daniel Fahrenheit
Gabriel Daniel Fahrenheit
Ketertarikan Fahrenheit dalam termometrik berawal dari perkenalannya dengan Ole Romer, penemu beberapa skala temperatur. Fahrenheit kemudian melakukan percobaan membuat skala dengan memodifikasi salah satu skala yang dibuat Romer. Pada tahun1714, Fahrenheit berhasil membuat termometer pertama dengan menggunakan air raksa atau merkurium sebagai pengganti alkohol. Hal ini dia lakukan agar pengukuran suhu termometer lebih akurat. Skala termometer ini dinamakan Skala Fahrenheit, sesuai dengan namanya sendiri. Skala Fahrenheit menetapkan tiga tingakatan suhu, yaitu 0° untuk titik beku es, garam, dan air; 32° untuk titik beku air murni; dan 96° atau 37° C untuk suhu normal tubuh manusia. Sampai sekarang dalam bidang rekayasa atau teknik, skala Fahrenheit masih digunakan, terutama di Amerika Serikat.

Penemuan lain Fahrenheit adalah higrometer cuaca, yaitu alat untuk mengukur kelembaban relatif uap di udara. Dia menemukan cairan selain air yang mempunyai titik didih tetap dan tidak berubah walaupun berada dalam tekanan udara yang berubah-ubah.

Fahrenheit meninggal dunia pada tanggal 16 September 1736 pada usia 50 tahun.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.