TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 16, 2016

Penemu Telegraf Elektrik - Samuel Finley Breese Morse


Telegraf adalah sebuah mesin atau alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarah jauh, biasanya menggunakan kode morse sebagai kode komunikasi. Kata "telegraf" yang sering didengar saat ini secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf merupakan awal dari komunikasi modern sebelum adanya telepon dan internet.
Penemu Telegraf Elektrik - Samuel Finley Breese Morse
Samuel Finley Breese Morse
Telegraf pertama kali ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel Finley Breese Morse. Samuel Finley Breese Morse lahir di Charlestown, Massashusetts, Amerika Serikat, pada tanggal 27 April 1791. Dia adalah seorang penemu asal Amerika Serikat. Morse juga adalah seorang pelukis, namun dia lebih terkenal dengan penemuan telegraf listrik. Saat Morse berusia empat tahun, dia sudah berhasil melukis wajah gurunya. Pada masa belajar, Morse bukan termasuk siswa yang pandai. Dia mulai tertarik pada sains saat dia mulai memasuki jenjang perguruan tinggi.

Saat mengikuti kuliah tentang perkembangan terbaru listrik, dia menjadi semakin tertarik untuk mempelajari sains. Tapi dia akan merasa lebih nyaman jika menggambarkan potret miniatur, sehingga dia mengirimkan surat kepada kedua orang tuanya untuk mengungkapkan keinginannya dengan menjadi seorang pelukis. Hal itu tentu membuat kedua orang tuanya merasa khawatir bila dia tidak dapat mencukupi semua keinginannya dengan menjadi seorang pelukis.

Tahun 1818, Samuel Finley Breese Morse menikah dan dikaruniai dua orang putra dan satu orang putri. Karena perekonomian Morse yang serba kekurangan, pada tahun 1825, istrinya meninggal karena serangan jantung. Morse terus melanjutkan keinginannya untuk melukis dan mendirikan National Academy, dan dia menjadi presidennya yang pertama. Pada tahun 1832, Morse dan keluarganya kembali berlayar dari Eropa. Dia mendapat ilham untuk membuat telegraf elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang dia tumpangi memperagakan elektromagnet yang baru ditemukan. Mendengar perkataan tersebut, Morse berkeinginan untuk membuat konsep telgraf elektromagnet. Morse menciptakan model paragraf yang pertama pada tahun 1835. Model tersebut dibuat dengan menggunakan kanvas, baterai buatan, dan jam tangan tua yang dia gunakan sebagai penggerak kertas serta titik yang akan direkam.
Model Telegraf Pertama Buatan Samuel Morse
Model Telegraf Pertama Buatan Samuel Morse
Bersama dengan asistennya, Alexander Bain, dia menciptakan sebuah alfabet khusus untuk digunakan di telegraf, yang disebut Kode Morse. Pesan pertama yang dikirim menggunakan telegraf adalah "What with God Wrought", yang artinya Apa yang telah Tuhan tulis. Ini terjadi pada tahun 1844. Morse mengajukan hak paten atas penemuannya tersebut pada tahun 1837.

Morse hidup sampai usia lanjut. Dia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di seluruh bagian dunia, termasuk dengan penggunaan kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yang ke-80, sebuah patung dirinya diresmikan di Central Park, New York, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Morse meninggal dunia pada tanggal 2 April 1872 pada usia 81 tahun. Dia meninggal karena penyakit Pneumonia. Dia dimakamkan di Greenwood, Brooklyn.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.