TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 14, 2016

Penemu Teori Seleksi Alam - Alfred Russel Wallace


Alfred Russel Wallace adalah seorang naturalis dan seorang penjelajah dari Inggris yang merumuskan teori evolusi melalui seleksi alam. Teori Wallace dipublikasikan bersamaan dengan teori Charles Robert Darwin.
Penemu Teori Seleksi Alam - Alfred Russel Wallace
Alfred Russel Wallace
Wallace dilahirkan di sebuah desa kecil bernama Usk, Wales, pada tanggal 8 Januari 1823. Dia mendapatkan pendidikan formal dalam One-Room Hertford Grammar School dan meninggalkan sekolah pada usia empat belas tahun untuk bergabung dengan saudaranya menjadi penyelidik di London. Dia mengikuti sebuah extensive program of self-education, menghadiri kelas malam dan ceramah kuliah, dia juga rajin membaca buku tentang geologi, ilmu optik, matematika, dan ilmu tumbuhan.

Dari tahun 1849 - 1852, Wallace melakukan perjalanan ke Sungai Amazon dengan seorang naturalis Inggris, Henry Walter Bates. Dia mulai mengumpulkan banyak jenis ikan, serangga, dan tumbuhan. Kemudian pada tahun 1854, dia melanjutkan perjalanannya ke Melayu Archipelago, yaitu Malaysia dan Indonesia. Dia menghabiskan 38 tahun untuk mengumpulkan data. Pada perjalanan itu, dia mulai merumuskan teorinya mengenai seleksi alam. Bahwa alam memilih individu dengan kombinasi ciri terbaik untuk bertahan hidup.

Wallace menemukan bahwa mamalia di Kepulauan Malaka dibagi berdasarkan garis imaginer menjadi dua spesies. Garis ini disebut dengan sebutan Garis Wallace. Spesies yang terletak di sebelah barat mempunyai kemiripan dekat dengan mamalia di Asia. Spesies sebelah timur mempunyai kemiripan dengan mamalia di Australia.

Tahun 1858, Wallace menulis sebuah paper tentang teori evolusinya dan mengirimkannya kepada Darwin. Ternyata teorinya hampir sama dengan Darwin. Kemudian masalah ini dibahas dalam Linnean Society London pada bulan Juni 1858.

Wallace menerbitkan buku berjudul The Malay Archipelago (tahun 1869), Contribution to the Theory of National Selection (tahun 1870), The Geographic Distribution of Animals (tahun1876), Darwinism (tahun 1889), dan Man's Place in the Universe (tahun 1903).

Setelah kembali ke Inggris, Wallace menjadi Head of Entomological Society dan President of the British Association, sebuah organisasi ilmiah. Kemudian dia mendapatkan Darwin Medal of the Royal Society (tahun 1890), The Copley Medal of the Royal Society (tahun 1908), dan The Order of Merit (tahun 1908).

Wallace meninggal pada tanggal 7 November 1913 di usianya yang ke 90 tahun.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.