TOKOH PENEMU DAN PERINTIS DUNIA

October 14, 2016

Penemu Vaksin TBC - Albert Calmette


Albert Leon Charles Calmette lahir di Nice, Prancis, pada tanggal 12 Juli 1863. Dia adalah seorang ahli ilmu bakteri Prancis yang mengembangkan suatu vaksin anti tuberkolosis bersama rekan kerjanya, Camille Guerin. Tuberkolosis adalah suatu penyakit infeksi yang lebih besar menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ lain dan tulang. Vaksin ini dikenal sebagai Baksil Calmette-Guerin atau BCG.
Penemu Vaksin TBC - Albert Calmette
Albert Calmette
Calmette menyelesaikan studinya di bidang kedokteran di Paris pada tahun 1886. Dia adalah siswa dari dokter Louis Pasteur. Pada tahun 1891, Calmette menemukan serum untuk pengobatan akibat gigitan ular di Institut Pasteur (Pusat Studi, Pencegahan, dan Pengobatan Penyakit) di Saigon, French Indochina (sekarang kota Ho Chi Minh, Vietnam). Calmette kembali ke Prancis pada tahun 1895 dan mendirikan Institut Pasteur di Lille yang dia kembangkan dari tahun 1896 sampai tahun 1919.

Di Lille, Calmette bekerja sama dengan Guerin. Pada tahun 1908, mereka menemukan cara melemahkan bakteri penyebab tuberkolosis pada seekor lembu dan menggunakannya untuk pembuatan BCG (vaksin pencegah tuberkolosis). Vaksin ini dikembangkan di Prancis pada tahun 1921 untuk memvaksinasi anak-anak melawan tuberkolosis. Vaksinasi ini tidak diterima di Amerika Serikat sampai pada tahun 1950, setelah Calmette meninggal. Calmette juga menemukan suatu uji coba yang dikenal dengan Reaksi Calmette, untuk mendiagnosis tuberkolosis.

Calmette meninggal di Paris pada tanggal 29 Oktober 1933.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung di blog ini. Berkomentarlah yang baik dan sopan. Beritahu saya bila ada kesalahan informasi yang saya tuliskan mengenai sejarah penemu yang ada di blog ini.